Bab 1,2,3

Hasil gambar untuk Tugas 1
ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) dan IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial )

Ilmu Sosial Dasar

Merupakan ilmu yang mempelajari suatu masalah sosial, yang berada di masyarakat menggunakan fakta, teori, dan konsep dari berbagai ilmu pengetahuan keahlian di sekitarnya.


Tujuan ISD:

a.  Memahami adanya kenyataan sosial dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.   Peka terhadap suatu masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam berusaha menanggulanginya.
c.  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya secara kritis-interdisipliner.
d.  Mempelajari jalan pikiran ahli-ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
e. Membantu mengembangkan pola pikir manusia agar mendapat wawasan yang luas dan kepribadiannya yang sangat diharapkan oleh negara.

Kelompok Ilmu Pengetahuan


Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 Bagian yaitu:

1.Ilmu Pengetahuan Alam
2.Ilmu Pengetahuan Sosial
3.Ilmu Pengetahuan Budaya (Humaniora)

Berikut ini penjelasan masing-masing kelompok ilmu pengetahuan

1.Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu yang berkaitan dengan nilai kehidupan yang semuanya memerlukan sebuah perhitungan yang sangat dalam dan berdasarkan beberapa metode ilmiah. Contoh: membuat suatu gedung dengan tingkat kemiringan atau kerataan tanah kita sangat susah akan tetapi kalau kita mempelajari fisika hal itu bisa meringankan kesulitan kita.

2.Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur ataupun nilai-nilai dari interaksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan sebuah kegiatan, berusaha menjadi orang yang mempunyai rasa tenggang rasa kepada sesama manusia. Ilmu Sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dll.

3.Ilmu Pengetahuan Budaya (Humaniora)
Ilmu yang memahami tentang suatu norma asas disetiap wilayah berbagai negara, tidak semua negara menerima budaya dari negara lain. Contoh: Tidak semua warga negara Indonesia mau menggunakan pakaian yang terbuka karena mayoritas Muslim yang tidak mau memakai baju itu.

ISD dan IPS

Perbedaan:
1. ISD diberikan saat menginjak kuliah dan IPS diberikan saat duduk di SD atau lanjutan.
2. ISD adalah satu matakuliah tunggal kalau IPS merupakan kelompok dari beberapa mata pelajaran.
3, ISD diberikan untuk merubah sikap dan kepribadian seseorang, dan IPS untuk proses kebentukan pengetahuan seseorang.

Persamaan:
1. Merupakan bahan ajar
2. Bukan ilmu yang berdiri sendiri
3, Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Golongan bahan pelajaran ISD
a.  Kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat secara bersama-sama merupakan sosial tertentu.
b. Konsep sosial atau pemgertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi konsep dasar atau elementer yang sangat diperlukan untuk memahami masalah-masalah sosial yang akan di bahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
c.  Masalah yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial.

SUMBER
http://ngeblogbarengjae.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html
https://arfanart.wordpress.com/2011/10/03/sebutkan-tiga-kelompok-ilmu-pengetahuan/
http://ariefsz.blogspot.co.id/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html

 ILMU SOSIAL DASAR
(INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT)




3.      Pertumbuhan Individu

A.    Pengertian Individu
Individu adalah Proses individualisasi atau aktualisasidiri merupakan proses peningkatan ciri – ciri individualitas pada seseorang sampai pada dirinya sendiri.
B.     Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju atau dewasa. Menurut para ahli yang menganut aliran asosiasi yaitu pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. Proses asosiasi yaitu terjadinya pertumbuhan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh.
C.    Faktor – Faktor Yang Mempengarui Pertumbuhan

-         Pertumbuhan Nativistik, pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.
-         Pendirian empiristik dan environmentalistik, pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan dan konsekuensinya.
-         Konvergensi da interaksionisme, yaitu pertumbuhan individu ditentukan oleh interaksi antara dasar (bakat) dan lingkungan.
3.1. Fungsi Keluarga
A.    Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh keluarga itu.
B.     Macam – Macam Fungsi Keluarga
-         Fungsi biologis yaitu keluarga dapat memberikan persiapan perkawinan bagi anak-anaknya berupa pengetahuan kehidupan bereproduksi suami-istri, pengetahuan mengatur rumah tangga, pengetahuan tugas suami, memelihara pendidikan bagi anak-anak.
-         Fungsi pemeliharaan yaitu keluarga dapat memberikan perlindungan seperti menyediakan rumah sebagai tempat berlindung, memelihara kesehatan, memberikan pengamanan dari bahaya.
-         Fungsi ekonomi berarti keluarga berkewajiban memberikan kebutuhan pokok seperti sandang pangan dan tempat tinggal.
-         Fungsi keagamaan yaitu keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mengamalkan ajaran-ajaran agama sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
-         Fungsi sosial berarti keluarga berperan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat pada anak-anaknya seperti mempelajari peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak.
3.2. Individu, Keluarga dan masyarakat
A.    Pengertian Keluarga
Keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang merupakan suatu komponen kecil dalam masyarakat.
B.     Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas sub kelompok.
C.    2 Golongan Masyarakat
-         Masyarakat sederhana.
-         Masyarakat maju.
D.    Membedakan Kelompok Masyarakat
Dalam masyarakat maju dibedakan menjadi 2 kelompok masyarakat.
-         Kelompok masyarakat non industry yaitu masyarakat yang kemampuan dan profesinya lebih memberikan jasa-jasanya dalam sosialisai.
-         Kelompok masyarakat industry yaitu masyarakat lebih mempunyai keterampilan untuk menghasilkan sesuatu.
3.3. Hubungan Antara Individu Keluarga Dan Masyarakat
A.    Makna Individu
Manusia menjadi Individu apabila pola tingkah lakunya hampir identik dengan tingkah laku massa yang bersangkutan.
B.     Makna Keluarga
Inilah yang menghasilkan individu dengan berbagai macam bentuk
kepribadiannya dalam masyarakat.
C.    Makna Masyarakat
Manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
D.    Hubungan Individu, Keluarga, Masyarakat
-         Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Makna manusia menjadi Individu apabila pola tingkah lakunya hampir identik dengan tingkah laku massa yang bersangkutan. Proses Individualisasi atau aktualisasi diri merupakan proses peningkatan ciri-ciri individualitas pada seseorang sampai pada dirinya sendiri.
-         Keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang merupakan suatu komponen kecil dalam masyarakat. Kelompok inilah yang menghasilkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat.
-         masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas sub kelompok. Jadi, masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
3.4. Urbanisasi
A.    Pengertian Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan tempat tinggal penduduk dari desa ke kota. Orang yang melakukan hal ini disebut urban.
B.     Proses Terjadinya Urbanisasi
Masalah sosial tersebut seperti masalah ekonomi karena terlalu banyaknya penduduk di suatu tempat sehingga kekurangan bahan pangan ataupun untuk mengurangi penduduk dikarenakan padatnya penduduk sehingga menimbulkan lingkungan kumuh.

Sumber:
https://yellowreddk.wordpress.com/2014/10/11/ilmu-sosial-dasar-individu-keluarga-dan-masyarakat/



Penjelasan Tentang Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Assalamu'alaikum reader!


Disini kita akan bahas tentang Ilmu Sosial Dasar bagian 2, ya itu hmm sesuai judul. nah dari sini kita akan apasih Penduduk itu?

apasih Masyarakat itu? hehe, banyak apasih nya ya gan?

oke, cekidot!

 

Penduduk


Penduduk merupakan orang yang secara hukum berhak tinggal disuatu daerah atau wilayah tersebut, dan mempunyai bukti kewarganegaraan yang sah. nah itu adalah pengertian dari penduduk gan.
Pengertian penduduk dalam sosilogi adalah penduduk merupakan kumpulan manusia yang menepati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Kepadatan Penduduk

Membagi kepadatan penduduk dengan cara membagi jumlah penduduk dengan luas area dimana mereka tinggal. Pengamat masyrakat percaya konsep kapasistas muat berlaku pada penduduk bumi, penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan Katastrofi Malthus.
Laju pertumbuhan penduduk lebih tinggi di negara berkembang dibandingkan dengan negara maju. Negara-negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi menurut jumlah penduduknya adalah Republik Rakyat Cina dengan jumlah penduduk 1.298.847.624 jiwa, lalu disusul oleh India dengan jumlah penduduk 1.065.070.607 jiwa, di posisi ketiga diraih oleh Amerika Serikat dengan jumla penduduk 293.027.571 jiwa, dan negara kita Indonesia memperoleh kepadatan penduduk sebesar 241.973.879 jiwa. Data ini berasal dari CIA World Factbook 2004 meskipun tidak selalu up to date tapi setidaknya cukup akurat gan!

 

Piramida Penduduk

Dalam suatu piramida penduduk distribusi usia dan jenis kelamin dalam suatu negara atau wilayah yang digambarkan. Piramida penduduk berfungsimenggambarkan perkembangan penduduk dalam kurun waktu tertentu.

Pengendalian Jumlah Penduduk

Kegiatan membatasi pertumbuhan penduduk disebut pengendalian penduduk, dengan cara mengurangi jumlah kelahiran. Di Indonesia pengendalian penduduk menggunakan program Keluarga Berencana (KB). Program ini dinilai berhasil menekan tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Penurunan Jumlah Penduduk

Perpindahan daerah kesuburan atau emigrasi besar-besaran dapat menyebabkan turunnya jumlah populasi pada sebuah daerah berkurang, dan juga oleh penyebab penyakit, kelaparan maupun perang.

Transfer Penduduk

Transfer penduduk hanya merupakan istilah untuk kebijakan negara yang mewajibkan sekelompok penduduk melakukan perpindahan dari kawasan satu ke kawasan lainnya, terutama dengan alasan etnistias atau agama, ya tapi kayaknya sekarang udah jarang ane denger ada transfer penduduk, adanya malahan jakarta makin penuh gara-gara susah banget nyari kerja di kampung gan

Ledakan Penduduk

Ledakan penduduk yaitu keadaan dimana laju pertumbuhan penduduk cepat akibat dari tingkat kelahiran yang tinggi dan tingkat kematian yang menurun. Penyebab ledakan penduduk yaitu adanya kawin dalam usia muda dan keyakinan pada masyrakat ‘banyak anak banyak rezeki’. Ledakan penduduk dapat membawa akibat yang komplek, seperti turunnya standar hidup, terjadinya pengangguran, ekonomi, krisis lingkungan dan lain hal sebagainya, sekarang aja udah banyak gan.

 

Masyarakat

 


Kata ‘masyarkat’ merupakan kata dari bahasa Arab yaitu Musyarak. Masyarakat adah sekelompok orang dimana sebagaian besar dari interaksi antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Lebih abstraknya, masyarakat adalah hubungan-hubungan antar entitas-entitas yang membuat suatu jaringan.
Sifat masyarakat saling tergantung satu sama lain. Istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup berasama dalam satu komunitas yang teratur.

Ciri-ciri masyarkat

Ciri-ciri dari masyarakat yaitu manusia yang hidup bersama dan terdidi sekurang-kurangnnya dari dua orang. Akibat pergaulan yang cukup lama yang selalu hidp bersama timbul komunikasi dan aturan yang mengatur hubungan antar manusia dan sadar bahwa mereka merupan kesatuan yang satu. Kehidupan bersama seiring berjalannya waktu mereka merasa dirinya terkait satu dengan yang lainnya dan menimbulkan kebudayaan baru.

Masyarakat Tradisional

Masyarakat tradisional adalah sekelompok masyarkat yang kehidupannya masih tradisonal dan mengacu oleh adat istiadat lama. Dalam melangsungkan kehidupannya masyarakat tradisional masih berdasarkan kebiasaan lama yang diwarisi nenek moyangnya. Kehidupan masyarkat tradisional tidak begitu dipengaruhi dengan perubahan-perubahan dari pengaruh luar.
Secara geografis masyarakat tradisional hidup di daerah pedesaan yang terletak di pedalaman yang jauh dari keramaian kota, masyarkat ini disebut juga masyarakat pedesaan. Dalam kehidupannya masyarakat desa adalah kelompok orang yang hidup bersama, bekerja bersama, dan berhubungan erat.
Desa merupakan tempat yang cocok untuk menengankan pikiran yang penat dan melepaskan lelah, karena desa memiliki kehidupan yang tentram, damai, jauh dari konflik dan udara pegunungan yang sejuk.
Ciri masyarakat tradisonal bergantung terhadap lingkungan alam sekitar.

Masyarakat Transisi

Masyarakat yang mengalami perubahan disebut masyarakat transisi. Sebagai contoh masyarakat pedesaan yang sedang mengalami transisi ke arah kebiasaan kehidupan kota, misalnya pergeseran tenaga kerja dari bangungan dan masuk ke industri.
Ciri masyarkat transisi yaitu adanya penggeseran dalam suatu bidang, seperti pekerjaan yang dahulunya bertani ke sektor industri. Selain dalam bidang pekerjaan, bidang pendidikan juga merupakan ciri dari masyarakat transisi, seperti tingkat pendidikan rendah dan meningkat tingkat pendidikannya. Ciri lainnya yaitu sedang mengalami perubahan ke arah lebih maju, dan masyarat sudah terbuka dengan kemajuan dan perubahan jaman.

Masyarakat Modern

Masyarakat moden adalah masyarakat yang kehidupannya dalam perabadaan dunia di masa kini. Sebagian masyarakat modern acuh kepada adat istiadat lama akibat pengaruh kebudayaan luar dan kemajuan teknologi. Masyarkat modern selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pada umumnya masyarakat modern disebut masyarakaat perkotaan. Dari sifatnya masyarakat ini memiliki kehidupan yang serba modern.
Ciri masyarakat modern ini dalam menunjang kehidupannya alam tidak lagi vital, dalam menunjang kehidupannya alam dikendalikan dengan kemampuan pengetahuan dan tekonlogi.

Kebudayaan


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang artinya budi atau akal, diartikan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan dalam bahasa inggris, disebut culture, yang kata latinnya Colere, artinya mengolah atau mengerjakan.
Budaya adalah warisan yang digenerasikan ke generasi berikutnya tentang suatu cara hidup yang berkemband dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok. Terbentuknya budaya dari banyak unsur yang rumit, seperti sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa dan macam hal lainnya.
Budaya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Budaya sifatnya kompleks, abstrak, dan luas.
Para ahli berpendapat tentang pengertian budaya, seperti Melville J. Herskovits, Andreas Eppink dan menurut para ahli lainnya, dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang akan mengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak gan.

Unsur-Unsur Budaya

Menurut pendapat ahli menurut Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, diantaranya: alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, kekuasaan politik. Sedangkan Bronislaw Malinowski menyebutkan 4 usur pokok yaitu meliputi: sistem norma sosial yang menyesuaikan diri dengan alam sekelingnya delan kerja sama antara para anggota masyarakat, organisasi ekonomi, alat-alat dan lembaga atau petugas untuk pendidikan, politik.

Wujud dan Komponen Budaya

Menurut J.J Hoeningman wujud kebuadayaan dibedakan menjadi tiga, yaitu: Gagasan (wujud ideal), Aktifias (tindakan), dan Artefak (karya).
Menurut Cateora bedasarkan wujudnya tersebut, budaya memiliki beberapa komponen, yaitu: kebudayaan material, kebudayaan non material, lembaga social, sistem kepercayaan, estetika, dan bahasa.

Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan

Komponen atau unsur utama dari kebudayaan antara lain: Peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi), sistem mata pencaharian, sistem kekerabatan dan organisasi sosial, bahasa, dan kesenian.

Sistem Kepercayaan

Agama adalah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia. Kamus filosofi dan agama mendefinisikan Agama sebagai berikut: sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah, dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu untuk mendapatkan kebahagiaan sejati.
Setiap Agama biasanya memiliki prinsip, dalam agama Kristen memiliki prinsip “10 Firman”, dalam agama Islam memiliki prinsip “5 rukun Islam”.

Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial adalah gejala berubahnya struktrur dan pola budaya dalam masyarakat. Perubahan itu terjadi karena menyesuaikan hakikat dan sifat dasar manusia yang ingin perubahan.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahaan sosial adalah tekanan kerja dalam masyarakat, keefektifan komunikasi, dan perubahan lingkungan alam.
Perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain juga dapat menimbulkan timbulnya perubahan, seperti inovasi yang terus berkembang.

Penetrasi Kebudayaan

Penetrasi kebudayaan yang dimaksud ini adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya gan!. Ada dua cara penetrasi kebudayaan terjadi, yaitu: Penetrasi damai dan Penetrasi kekerasan, wah yang kekerasan jahat juga ya

Kebudayaan di Antara Masyakat

Kebudayaan yang besar biasanya memiliki sub-kebudayaan, yang memiliki sedikit perbdaan dalam prilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Karena perbedaan umur, ras etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender dapat menyebabkan munculnya sub-kultur tersebut.
Berikut diatas merupakan Penjelasan Tentang Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan. Tulisan diatas dikutip dari wikipedia dan sumber-sumber terkait yang diamati, ditiru, dan dimodifikasi gan


SUMUR GAN! 
Terima kasih telah membaca post ane gan :)
Dont forget to comment ganss!






0 komentar: