ILMU SOSIAL DASAR (INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT)

 ILMU SOSIAL DASAR
(INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT)



3.      Pertumbuhan Individu

A.    Pengertian Individu
Individu adalah Proses individualisasi atau aktualisasidiri merupakan proses peningkatan ciri – ciri individualitas pada seseorang sampai pada dirinya sendiri.
B.     Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju atau dewasa. Menurut para ahli yang menganut aliran asosiasi yaitu pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi. Proses asosiasi yaitu terjadinya pertumbuhan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh.
C.    Faktor – Faktor Yang Mempengarui Pertumbuhan

-         Pertumbuhan Nativistik, pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir.
-         Pendirian empiristik dan environmentalistik, pertumbuhan individu semata-mata tergantung pada lingkungan dan konsekuensinya.
-         Konvergensi da interaksionisme, yaitu pertumbuhan individu ditentukan oleh interaksi antara dasar (bakat) dan lingkungan.
3.1. Fungsi Keluarga
A.    Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh keluarga itu.
B.     Macam – Macam Fungsi Keluarga
-         Fungsi biologis yaitu keluarga dapat memberikan persiapan perkawinan bagi anak-anaknya berupa pengetahuan kehidupan bereproduksi suami-istri, pengetahuan mengatur rumah tangga, pengetahuan tugas suami, memelihara pendidikan bagi anak-anak.
-         Fungsi pemeliharaan yaitu keluarga dapat memberikan perlindungan seperti menyediakan rumah sebagai tempat berlindung, memelihara kesehatan, memberikan pengamanan dari bahaya.
-         Fungsi ekonomi berarti keluarga berkewajiban memberikan kebutuhan pokok seperti sandang pangan dan tempat tinggal.
-         Fungsi keagamaan yaitu keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mengamalkan ajaran-ajaran agama sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
-         Fungsi sosial berarti keluarga berperan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat pada anak-anaknya seperti mempelajari peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak.
3.2. Individu, Keluarga dan masyarakat
A.    Pengertian Keluarga
Keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang merupakan suatu komponen kecil dalam masyarakat.
B.     Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas sub kelompok.
C.    2 Golongan Masyarakat
-         Masyarakat sederhana.
-         Masyarakat maju.
D.    Membedakan Kelompok Masyarakat
Dalam masyarakat maju dibedakan menjadi 2 kelompok masyarakat.
-         Kelompok masyarakat non industry yaitu masyarakat yang kemampuan dan profesinya lebih memberikan jasa-jasanya dalam sosialisai.
-         Kelompok masyarakat industry yaitu masyarakat lebih mempunyai keterampilan untuk menghasilkan sesuatu.
3.3. Hubungan Antara Individu Keluarga Dan Masyarakat
A.    Makna Individu
Manusia menjadi Individu apabila pola tingkah lakunya hampir identik dengan tingkah laku massa yang bersangkutan.
B.     Makna Keluarga
Inilah yang menghasilkan individu dengan berbagai macam bentuk
kepribadiannya dalam masyarakat.
C.    Makna Masyarakat
Manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
D.    Hubungan Individu, Keluarga, Masyarakat
-         Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Makna manusia menjadi Individu apabila pola tingkah lakunya hampir identik dengan tingkah laku massa yang bersangkutan. Proses Individualisasi atau aktualisasi diri merupakan proses peningkatan ciri-ciri individualitas pada seseorang sampai pada dirinya sendiri.
-         Keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang merupakan suatu komponen kecil dalam masyarakat. Kelompok inilah yang menghasilkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat.
-         masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas sub kelompok. Jadi, masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
3.4. Urbanisasi
A.    Pengertian Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan tempat tinggal penduduk dari desa ke kota. Orang yang melakukan hal ini disebut urban.
B.     Proses Terjadinya Urbanisasi
Masalah sosial tersebut seperti masalah ekonomi karena terlalu banyaknya penduduk di suatu tempat sehingga kekurangan bahan pangan ataupun untuk mengurangi penduduk dikarenakan padatnya penduduk sehingga menimbulkan lingkungan kumuh.


Sumber:

https://yellowreddk.wordpress.com/2014/10/11/ilmu-sosial-dasar-individu-keluarga-dan-masyarakat/

0 komentar: